Seputar Bola - Manchester City akhirnya mengakhiri tren buruk, usai mengkandaskan perlawanan tuan rumah Southampton di laga penutup tahun 2018 pada pekan ke-20 Premier League di St. Mary’s Stadium, Minggu (30/12/2018) malam WIB.
Hasil kemenangan ini membuat The Cityzens sukses menggusur posisi kedua yang ditempati Tottenham Hotspur. City mengumpulkan 47 poin unggul dua angka dari Spurs, namun masih tujuh poin di belakang pimpinan klasemen Liverpool.
Sedangkan The Saints meneruskan inkonsistensi mereka dan berada di titik nadir zona nyaman yakni 17 dengan mengumpulkan 15 poin. Poin sama dengan Burnley dari posisi 18 alias zona merah.
Manchester City yang dalam dua laga terakhir menelan kekalahan, langsung tancap gas untuk mengejar kemenangan. Mereka memiliki perbedaan persentase penguasaan bola yang jauh unggul dari tuan rumah, yang menandakan bahwa mereka sangat berinisiatif.
Benar saja, babak pertama baru berjalan 10 menit, mereka sudah mampu membuka skor. David Silva menjadi sang pencetak gol usai melakukan kombinasi dengan Bernardo Silva.
City semakin nyaman dengan keunggulan mereka, sementara tuan rumah terus mencari solusi untuk keluar dari tekanan. Hingga gol penyama kedudukan itu lahir pada menit ke-37. Tendangan spekulasi dari Pierre-Emile Hojbjerg sukses menggetarkan jala Ederson.
Seakan laga paruh pertama akan berakhir seri, City sukses mencetak dua gol telat. Yang pertama adalah gol bunuh diri dari James Ward-Prowse pada menit ke-45.
Dua menit berselang serangan dari sisi sayap kiri membuahkan hasil untuk memperlebar keunggulan pasukan Pep Guardiola. Umpan silang Zinchenko berhasil ditanduk dengan sempurna oleh Sergio Aguero.
Pasca turun minum, The Saints coba merespon ketertinggalan mereka. Hojbjerg hampir saja mencetak golnya yang kedua pada menit ke-46, tapi sayang kali ini penyelesaian akhirnya masih belum tenang hingga bola tak tepat sasaran.
Aguero juga mencoba peruntungannya untuk membuat golnya yang kedua di menit ke-59. Namun upaya striker asal Argentina ini masih mampu diselamatkan oleh tiang gawang, selamat lah gawang Soton.
Setelah itu permainan menjurus kasar, terutama tuan rumah yang frustrasi untuk mengejar ketertinggalan mereka. Hojbjerg diusir wasit pada menit ke-85, dan memaksa tuan rumah harus bermain dengan 10 orang pemain di sisa waktu.
Sayangnya City tak bisa memanfaatkan itu untuk menambah pundi-pundi gol. Hingga skor akhir 3-1 untuk kemenangan City tak berubah. Kemenangan yang penting untuk menjaga persaingan gelar dan tak membiarkan Liverpool berlari kencang sendirian.

Susunan Pemain Southampton vs Manchester City

Southampton XI (4-3-2-1): McCarthy; Ramsay, Stephens, Bednarek, Targett; Hojbjerg, Romeu, Lemina; Ward-Prowse, Elyounoussi; Austin
Cadangan: Gunn, Armstrong, Redmond, Valery, Ings, Long, Yoshida
Manchester City XI (4-3-3): Ederson; Danilo, Kompany, Laporte, Zinchenko; Bernardo, Fernandinho, Silva; Mahrez, Aguero, Sterling
Cadangan: Walker, Stones, Sane, Otamendi, Jesus, Foden, Muric
Sumber : Sepakbola.com