Seputar Bola - Sempat kejar-kejaran gol, Napoli akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang saat melawan Bologna di San Paolo (30/12). Mertens menjadi pahlawan Partenopei karena golnya memberikan kemenangan bagi tuan rumah.
Hasil ini membuat Napoli bertahan di posisi kedua klasemen Serie A dengan 44 poin, unggul 5 poin dari Inter dan tertinggal tujuh poin dari Juventus. Bologna masih di zona merah dengan poin 13, tertinggal 3 poin dari zona aman.
Napoli menguasai jalannya pertandingan ini, mereka tampil lebih dominan dan banyak menciptakan peluang. Namun, Napoli juga agak kesulitan memanfaatkan kesempatan yang mereka terima dan ditambah penampilan Skorupski sangat apik pada hari ini. Skorupsi melakukan beberapa penyelamatan penting.
Hanya saja pada menit 15 Milik berhasil membawa timnya unggul setelah sepakan yang dilakukan Mertens, dia berhasil memanfaatkan bola liar. Kali ini kiper Bologna tidak bisa berbuat banyak mendapat serangan dari tengah kotak penalti.
Napoli terus memberikan tekanan kepada tim tamu, tetapi mereka tampaknya memang agak kesulitan tanpa adanya Lorenzo Insigne, ada ruang kosong yang harusnya bisa berbahaya ketika ada striker tersebut di line-up mereka.
Dan pada menit 37 Bologna akhirnya bisa menyamakan kedudukan, tendangan bebas Rodrigo Palacio berhasil ditanduk dengan sempurna oleh Santander.
Babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1, Napoli sebenarnya lebih banyak mendapat peluang, tetapi mereka kurang mampu memaksimalkannya di kotak penalti.
Di babak kedua Napoli meningkatkan serangan mereka, mereka meningkatkan tempo permainan dan ini lebih merepotkan Bologna lagi. Mereka kewalahan dengan kecepatan Mertens, Callejon dan Milik. Menit 53 akhirnya Milik kembali mencetak gol, kali ini dia mendapat assist dari Kevin Malciut.
Semakin mendekati menit akhir Napoli semakin sulit membangun serangan, Bologna malah bisa mengembangkan permainan merek secara perlahan. Bologna memang banyak mengandalkan serangan balik, tetapi semakin lama serangan balik mereka semakin berbahaya.
Bologna akhirnya bisa menyamakan skor pada menit 80, lagi-lagi dari skema yang sama dengan gol pertama, tendangan bebas. Tampkany Napoli tak belajar dari kesalahan pertama mereka menghalau tendangan bebas sehingga Danilo berhasil mencetak gol.
Keadaan semakin sulit bagi Napoli karena Bologna semakin memperkuat pertahanannya. Dari awal pertahanan Bologna memang cukup kuat, untungnya Mertens berhasil membawa Napoli kembali unggul di menit 90 setelah bekerja sama dengan Ruiz.
Line-up
Napoli (4-4-2): Meret – Malcuit, Albiol, Maksimović, Ghoulam – Callejón, Allan, Zielinski, Verdi – Milik, Mertens
Subs: Mário Rui, Fabián Ruiz, Ounas, Luperto, Hysaj, Ospina, Karnezis, Rog, Younes, Diawara
Bologna (3-5-2): Skorupski – De Maio, Danilo, Helander – Mattiello, Poli, Pulgar, Svanberg, Dijks – Santander, Palacio.
Subs: Da Costa, González, Orsolini, Nagy, Krejčí, M’baye, Donsah, Destro, Okwonkwo, Dememaili, Calabresi, Falcinelli.